Selasa, 26 Januari 2010

Kisi UAS Kimia XI/1/0910


MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI-IPA SMA NEGERI 1 BANJAR
SEMESTER KE-1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Penulis: Gede Putra Adnyana, S.Pd.                                                                              Jml/Jenis Soal: 40 buah (Pilihan Ganda)
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
Materi Pembelajaran
Jml Soal
No. Soal
Indikator Soal
Tk Sukar
THP
1. Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa
1.1
Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
C2
Teori atom Bohr dan mekanik kuantum.
5
1
Diberikan beberapa gambar model atom, siswa dapat menentukan dengan benar model atom mekanika kuantum
Md
C1
Bilangan kuantum
2
Berdasrkan nomor masa dan jumlah neutron yang diketahui, siswa dapat menentukan ke-4 bilangan kuantum elektron terluarnya dengan benar
Sd
C3

3
Berdasarkan jumlah elektron suatu anion, siswa dapat menentukan dengan benar konfigurasi elektron atom netralnya
Sd
C3
Diagram Orbital
4
Siswa dapat menentukan diagram orbital yang benar sesuai dengan dengan aturan Hund
Sd
C2
Sistem Periodik Unsur
5
Dari jumlah elektron suatu ion yang diketahui, siswa dapat menentukan letak unsur itu dalam sistem periodik
Sd
C3
1.2
Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.
C2
Struktur Lewis Molekul
3
6
Siswa dapat menentukan jumlah pasangan electron bebas dan terikat berdasarkan Struktur Lewis diketahui
Sd
C2
Bentuk Molekul berdasrkan teori pasangan electron
7
Diberikan dua atom yang nomor atomnya diketahui, siswa dapat menentukan bentuk molekulnya jika kedua atom itu berikatan secara kovalen
Sd
C3
Bentuk Molekul berdasarkan teori hibridisasi
8
Berdasarkan Nomor atom dan rumus molekul yang diberikan, siswa dapat menentukan dengan benar jenis hibridisasinya
Sk
C4
1.3
Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya.
C2
Ikatan Hidrogen
2
9
Dari beberapa molekul yang diberikan, siswa dapat menentukan molekul-molekul yang semuanya berikatan hidrogen
Md
C1

Gaya Van der Waals dan gaya London
10
Berdasarkan massa atom relatif dan rumus molekul yang diberikan, siswa dapat menentukan dengan benar molekul yang memiliki Gaya Van der Waals paling kuat
Sd
C2

Reaksi eksoterm dan endoterm
3
11
Berdasarkan grafik yang diberikan, siswa dapat menentukan bagian yang menunjukkan perubahan entalpi rekasi eksoterm dengan benar
Sd
C2
Perubahan entalpi
12
Siswa dapat menentukan dengan benar besarnya perubahan entalpi pembakaran suatu zat berdasarkan deskripsi reaksi dan energi yang terlibat
Sd
C3
Persamaan rekasi termokimia
13
Berdasarkan data tentang entalpi reaksi, siswa dapat menentukan dengan benar persamaan reaksi termokimianya
Sd
C2
2.2
Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.
C3/ P3
Percobaan penentuan kalor reaksi
6
14
Berdasarkan data hasil percobaan yang diketahui, siswa dapat menghitung dengan benar entalpi reaksinya
Sd
C3
Perubahan entalpi pembentukan standar
15
Siswa dapat menghitung dengan benar besarnya entalpi reaksi dari pembakaran zat dengan massa tertentu, berdasarkan reaksi termokimia yang diketahui
Sd
C3
Hukum Hess, Diagram dan siklus rekasi
16
Berdasarkan beberapa data persamaan termokimia, siswa dapat menghitung dengan benar entalpi reaksi yang diberikan persamaan reaksinya dengan menerapkan Hukum Hess
Sk
C5
17
Siswa dapat menghitung dengan benar harga entalpi reaksi berdasarkan siklus reaksi yang diberikan
Sd
C4
Energi ikatan
18
Dari harga energi ikatan yang diketahui, siswa dapat menghitung dengan benar besarnya entalpi suatu reaksi
Sk
C3

19
berdasarkan harga entalpi reaksi dan beberapa harga energi ikatan, siswa dapat menghitung dengan benar besarnya energi ikatan antar atom tertentu
Sk
C5
3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari dan industri
3.1
Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
C2/ P3
Konsentrasi larutan (Kemolaran)
6
20
siswa dapat menghitung dengan benar molaritas suatu larutan berdasarkan massa zat dan volume larutan yang diketahui
Sd
C3
Pengertian laju reaksi
21
diberikan persamaan reaksi kimia, siswa dapat menentukan dengan benar formula laju reaksi yang benar
Md
C2
Orde Reaksi
22
dari pernyataan tentang perubahan yang terjadi pada suatu reaksi, siswa dapat menentukan orde reaksi terhadap zat tertentu
Sd
C3
23
Siswa dapat menentukan orde reaksi total dengan benar berdasarkan data hasil percobaan yang diketahui
Sd
C3
Persamaan laju reksi
24
Berdasarkan data hasil percobaan, siswa dapat menentukan dengan benar, persamaan laju reaksinya
Sd
C3
25
siswa dapat menghitung harga k dengan benar berdasarkan data hasil percobaan yang diberikan
Sk
C4
3.2
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C2
Teori tumbukan
3
26
Berdasarkan data hasil percobaan yang  diberikan, siswa dapat menentukan dengan benar, factor yang mempengaruhi laju reaksi
Md
C2
Reaksi dengan dan tanpa katalis
27
Berdasarkan grafik reaksi tanpa katalis dan dengan katalis, siswa dapat menentukan dengan benar bagian yang menandakan energi aktivasi
Sd
C2
Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
28
Siswa dapat menentukan dengan benar, peranan katalis dari beberapa pernyataan berkaitan dengan katalis
Md
C1

3.3
Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.
C2/ P3
Kesetimbangan dinamis
5
29
dari beberapa pernyataan tentang kesetimbangan, siswa dapat menentukan dengan benar yang termasuk kesetimbangan dinamis
Md
C2
azas Le Chatelier
30
Berdasarkan reaksi yang diberikan, siswa dapat menentukan cara agar diperoleh zat hasil yang maksimal
Sd
C2
31
Siswa dapat menentukan dengan benar arah pergeseran kesetimbangan, jika tekanan diperbesar dari reaksi yang diberikan
Sd
C2
Kesetimbangan Homogen dan Heterogen
32
Berdasarkan persamaan reaksi yang diberikan, siswa dapat menentukan dengan benar rumus tetapan kesetimbangan untuk reaksi kesetimbangan heterogen
Sd
C3
33
berdasarkan rumus tetapan kesetimbangan yang diketahui, siswa dapat menentukan dengan benar persamaan reaksi kimianya
Sd
C2
3.4
Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
C3
Hubungan kuantitatif antara pereaksi dari reaksi kesetimbangan
6
34
Dari pernyataan tentang reaksi pada kesetimbangan, siswa dapat menentukan konsentrasi zat-zat yang berada pada kesetimbangan
Sd
C3
35
Siswa dapat menghitung dengan benar derajat dissosiasi suatu zat berdasarkan jumlah mol-mol zat yang terlibat dalam reaksi
Sk
C4
Harga Kp
36
Berdasarkan jumlah mol dan tekanan total yang diketahui, siswa dapat menghitung dengan benar harga Kp reaksi tersebut.
Sd
C3
37
Berdasarkan harga tetapan kesetimbangan yang diketahui, siswa dapat menghitung harga kesetembingan untuk reaksi lain yang relevan
Sk
C4

Harga Kc dan Kp
38
Berdasarkan pernyataan tentang kesetimbangan kimia, siswa dapat menghitung harga Kc dengan benar
Sd
C3
39
Dengan menggunakan harga Kp hasil perhitungan, siswa dapat menghitung dengan benar harga Kc suatu reaksi
Sd
C3

3.5
Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
1
40
Berdasarkan salah satu reaksi pembuatan asam sulfat yang diketahui, siswa dapat menentukan kondisi paling tepat agar asam sulfat yang dihasilkan maksimal
Sd
C2
Mengetahui
Banyuatis, 16 November 2009
Kepala SMAN 1 Banjar
Guru Mata Pelajaran Kimia
Drs. I Dewa Ketut Ngurah
Gede Putra Adnyana, S.Pd
NIP. 19491231 197503 1 016
NIP. 19681201 199103 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar